6 Hal Inilah Yang Dapat Menyelamatkanmu Di Hari Kiamat (Yaumul Qiamah)

6 Hal Inilah Yang Dapat Menyelamatkanmu Di Hari Kiamat (Yaumul Qiamah)

       Bismillaahir-rohmaanir-rohiim.
       Berikut inilah 6 hal yang dapat menyelamatkan kamu di hari kiamat. Hafalkan ini saudara/saudari, dan lakukan yang terbaik untuk menerapkannya.

1.       orang yang meninggal di kota madinah. orang ini akan mendapat syafa'at di hari kiamat karena Rasulullah ﷺ bersabda "Barang siapa mampu meninggal di kota Madinah, biarkan dia meninggal disana, karena aku (maksudnya Rasulullah ﷺ) akan bersyafa'at untuk orang yang meninggal di Madinah."
       Dan kita mungkin akan berkata,"Ini sangat jauh dari kenyataan. ini sangat sulit dicapai. aku tidak bisa membayangkan ini bisa terjadi, bahkan mengunjungi kota madinah saja sangat sulit bagiku, apalagi tinggal disana, ini akan jadi sangat sulit."  Jadi apakah ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk menyiapkan,pengacara, pendukung, dan pemberi syafa'at ? Ada, karena rahmat Allah begitu luas.

2.       Yang menjadi syafa'at bagi orang dihari kiamat adalah kitab Allah, Al-Qur'an. Dan setiap dari kita dapat melaksanakan ini. Al-Qur'an akan diberikan suara di hari kiamat. ia akan bicara dengan suara yang dapat di dengar semua orang, dan sebagian orang akan masuk surga, dan sebagian lainnya akan masuk neraka karena kitab Allah,Al-Qur'an. Rasulullah ﷺ bersabda, sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim berdasarkan jalan dari Abi Umaamath al Baahili, dia bersabda, "Perbanyaklah baca Al-Qur'an karena ia akan bicara dan melindungi, dan memberi syafa'at bagi manusia di hari kiamat." Apakah ada surat tertentu yang harus kita perhatikan? Beliau bersabda, "Perhatikanlah dua surat Al-Qur'an al-Baqarah dan Ali Imran." Surah kedua dan surat ketiga dari Al-Qur'an, karena mereka akan datang dihari kiamat dalam bentuk dua awan, atau dalam bentuk dua naungan, atau dalam bentuk dua kawanan burung, dan mereka akan membela orang -orang yang membacanya dihari kiamat. mereka akan membelamu dihari kebangkitan. Al-Qur'am akan punya sura saudara/saudari, ini adalah pengacara yang mampu kita bayar sekarang juga. Di kehidupan dunia ini, kita mungkin tidak punya uang untuk menyewa pengacara terbaik, tapi untuk Al-Qur'an, setiap muslim bisa membayar kitab itu agar membelamu dihari kiamat. Abu Hurairah, seorang sahabat berkata sebagaimana Imam adh-Dhaarimi riwayatkan dalam sunannya, Abu Hurairah berkata, "Bacalah Al-Qur'an, karena ini adalah pemberi syafa'at terbaik di hari kiamat."  Dia berkata, "Al-Qur'an akan bicara kepada Allah dihari kiamat. Al-Qur'an akan berkata "Ya Allah", Bayangkan kau berdiri, dan dihadapanmu adalah kitab Allah, membelamu atas kasusmu, memohon kepada Allah agar membolehkanmu masuk surga. Al-Qur'an akan berkata. "Ya Allah perindahlah dirinya dengan kehormatan." Jadi Allah akan memperindahmu dengan kehormatan. Lalu Al-Qur'an akan berkata, "Ya Allah, izinkan dirinya memakai pakaian kehormatan." jadi Allah akan memberikan padamu pakaian kehormatan. Lalu Al-Qur'an berkata, "Ya Allah, tempatkan dikepalanya mahkota kehormatan", lalu Allah akan pakaikan mahkota kehormatan dikepalanya. Lalu Al-Qur'an akan berkata, "Ya Allah, ridhalah dengan dirinya. Ya Allah, terimalah dia", karena ini adalah ambisi terbesar manusia manapun. Allahhuakbar.
       Jadi apakah rencana kita untuk kitab Allah? Apaka hubungan kita sehari-hari dengan Al-Qur'an? Kemanapun kita pergi saudara/saudari, pastikan kita membawa Al-Qur'an bersama kita. Entah disaku kita, diransel, harus ada hubungan yang kuat dengan Al-Qur'an, dan rencana 10 tahun untuk memahaminya melalui pemahaman bahasa Arab, untuk menghafalnya, untuk menerapkannya, kita harus punya rencana jelas yang kita ingin capai 5-10 tahun berkenaan dengan kitab Allah. Dengan begitu, kita menyiapkan pengacara kita untuk di hari kiamat.

3.       Ini berkenaan dengan puasa. Ini juga akan membela seseorang di yaumul qiamah. Jadi aku ucapkan selamat kepada para saudara/saudari yang puasa di bulan Ramadan, lalu mereka juga banyak berpuasa sunnah disepanjang tahun: senin-kamis, atau tiga hari ayamul bidh, tiga hari hijriyah, atau as-syura arafah dan puasa daud, dan hari-hari seperti ini, orang seperti ini menyiapkan pembelanya, pengacaranya, pendukungnya dihari kiamat, Ahmad meriwayatkan dalam musnadnya dari jalur Abdullah ibn Amr ibn al-Aas bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Berpuasa dan membaca Al-Qur'an akan diberikan suara, mereka akan membela seseorang dihari kiamat." Dan untuk puasa, ia akan berkata, "Ya Allah Aku mencegahnya makan dan minum disepanjang siang jadi izinkan aku berbicara mewakilinya." Dan Al-Qur'an akan berkata "Ya Allah aku mencegahnya tidur pada saat malam, jadi izinkan aku memberi syafa'at, membela dirinya." Rasulullah ﷺ bersabda bahwa mereka berdua akan memberi syafa'at.

4.       dan untuk syafa'at jenis keempat ini adalah setiap raka'at shalat sunnah yang kau lakukan hari ini, nawaafilmu setelah kau menyempurnakan shalat 5 waktu sujud tambahan itu, raka'at tambahan itu akan membelamu di hari kiamat, jadi selamat bagi mereka yang punya hubungan kuat dengan berbagai jenis shalat  sunnah. Imam muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ seringkali berkata kepada orang yang melayaninya, "apa kau butuh sesuatu ?" lihatlah, beliau bertanya ke orang yang melayaninya."apa kau butuh sesuatu ? Apakah kau butuh bantuanku?" Dan pada suatu hari, salah seorang yang melayaninya berkata kepada Rasulullah ﷺ "Ya Rasulullah, tolong penuhi permintaanku." Beliau bersabda, "Apa permintaanmu?" Dia berkata, "Permintaanku adalah bagimu agar memberiku syafa'at di hari kiamat." Rasulullah ﷺ terkesan dengan permintaan ini, dia berkata padanya, siapa yang mengajarkanmu agar meminta seperti ini ?" dia berkata, "Tuhanku. Dengan begitu, tolong aku memenuhi permintaanmu ini dengan kau memperbanyak sujud kepada Allah." Pastikan kau punya hubungan yang kuat dengan shalat, kewajiban yang kau sempurnakan, dan shalat sunnah yang sekarang kau pelajari. Apakah semua shalat sunnah yang bisa kau lakukan? pelajarilah ia saudara/saudariku, berusahalah untuk mengetahui semuanya atau sebanyak yang kau bisa. dua belas shalat sunnah di samping shalat wajib 5 waktu: Shalat Dhuha, apakah kita ruitn melakukannya? shalat istikharah ketika kita kebingungan, apakah kita menjalankannya? Sunnah dari wudhu, sunnah setelah melakukan dosa, shalat taubat, apakah kita lakukan? mari kita buat hubungan dengan setiap shalat sunnah dan jangan malas melakukannya, dan sadari bahwa dengan melakukan demikian kau menyiapkan pengacara dan pendukungmu yang akan bicara mewakilimu dan memberimu waktu yang mudah dihari kiamat. seseorang mungkin akan berkata, "aku malas dan aku tahu aku akan lupa, jadi aku butuh sesuatu yang lain. aku akan coba melakukan ini tapi beri aku sesuatu yang lain selain ini", maka kau punya pendukung nomor 5.

5.       Tidak ada yang lebih mudah dari ini. Sebuah do'a, sebuah do'a yang kau ucapkan saudara/saudari setelah mendengar adzan. Dan dengan izin Allah ini akan memberikanmu syafa'at dari Rasulullah ﷺ tercinta.  Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Jabir bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Barang siapa mendengar adzan, dan ketika selesai dia mengucapkan kata berikut : "Ya Allah Engkau adalah Tuhan dari panggilan yang sempuna, Dan Engkau adalah Tuhan dari shalat yang telah ditetapkan ini, kami memintamu ya Allah untuk memberikan Nabi Muhammad ﷺ al-wasilah." al-wasilah adalah sebuah tempat di surga yang hanya akan diberikan untuk satu orang manusia, dan kita berharap itu untuk Nabi Muhammad ﷺ jadi kau ucapkan setelah mendengar adzan, "Ya Allah Engkau adalah Tuhan dari panggilan yang sempurna, dan engkau adalah Tuhan dari shalat yang telah ditetapkan ini, Berikan Muhammad ﷺ al-wasilah, dan berikan padanya al-fadhilah, dan berikan padanya tempat sanjungan yang engkau janjikan padanya."  Beliau bersabda, "Barang siapa mengucapkan ini setelah mendengar adzan, syafa'atku untuknya di hari kiamat akan menjadi kewajiban atasku." Allahuakbar.. Seseorang mungkin berkata, "Saudara Ali, bahkan ini sulit. aku tinggal jauh dari masjid dan aku tidak mendengar adzan sesering itu. aku tidak terlalu punya kesempatan ini. apakah ada hal lain yang dapat kulakukan untuk mendapatkan jaminan pengacara, pendukung, pemberi syafa'at bagiku di hari kiamat? dan jawabannya adalah ya, dan kita akhiri dengan nomor 6.

6.       Pendukung nomor 6, pengacara nomor 6, ini adalah mengambil orang-orang baik sebagai teman. Dengan berteman bersama orang-orang shaleh, berteman dengan orang-orang yang beramal shalih. Yaumul qiyamah saudara/daudariku, orang-orang beriman, setelah Allah menyelamatkan mereka dari api neraka, dan allah mengizinkan mereka masuk surga, mereka akan sadar sebagian teman mereka tidak ada. sebagian teman dimana dulu mereka belajar bersama, shalat bersama, puasa bersama, berhaji bersama, berdakwah bersama, tapi disurga mereka tidak menemukannya, dan ini adalah riwayat dari Imam al-Bukhari dan Muslim dan juga Ahmad dalam musnadnya dari jalur Abu Sa'id al-Khudri. Jadi orang-orang beriman ini akan mengadu pada allah, ada dari kalangan hambamu, saudara kami yang dulu berpuasa bersama kami, yang dulu shalat bersama kami, yang dulu berzakat bersama kami, mereka berhaji bersama kami, ya allah kami tidak melihat mereka disurga." mereka tahu bahwa teman-temannya telah dibawa ke neraka, mereka tidak berhasil. Jadi Allah yang maha penyayang akan berkata pada orang-orang beriman itu, pergilah ke neraka dan keluarkan siapapun yang kau kenali." lalu Allah akan jaga tubuh mereka dari neraka, lalu mereka akan masuk ke dalamnya. lalu mereka akan mulai mencari saudara-saudara mereka, orang itu bisa jadi aku, orang itu bisa jadi kau. mereka akan mencari saudari-saudari mereka dalam jahannam, dan mereka lihat sebagian orang terbakar hingga mata kakinya, yang lain sampai lututnya, yang lain sampai pinggangya, yang lain sampai ke dadanya, dan sebagian orang terbakar disekujur tubuhnya dalam jahannam, a'udzubillah. Jadi mereka akan menarik keluar saudara/saudari mereka, mengambil mereka keluar dari neraka, menyelamatkan mereka dengan izin allah, inilah syafa'at. dan mereka akan menceburkan orang-orang itu ke nahrul hayat (sungai kehidupan). lalu tubuh mereka mulai sembuh, tubuh mereka yang hangus dan hancur akan mulai sembuh, dan ketika mereka sepenuhnya pulih , Allah akan mengizinkan mereka masuk surga. Tapi jika kita tidak mengambil orang-orang terbaik sebagai teman, kita tidak bersama mereka dalam shalat, kita tidak bersama mereka dalam kajian, dalam jama'ah yang baik, jika kita tidak disana, bagaimana mungkin mereka bisa mengenali kita, ketika mereka datang menyelamatkan teman-teman mereka dari neraka andaikan kita tidak berhasil ? Imam al-baghawi meriwayatkan dalam tafsirnya bahwa hasan al-basri berkata, "Bertemanlah dengan sebanyak mungkin orang-orang baik karena mereka akan dberikan syafa'at dihari kiamat." Inilah yang keenam hal yang ingin kubagikan kepadamu, berkenaan dengan pengacara, pendukung, pemberi syafa'at yang akan buat hidup kita jauh lebih mudah dihari kiamat, kita punya kesempatan untuk mulai menerapkannya sekarang.

Random Posts