Amal Ikhlas Amal Riya | Kajian Singkat Ustadz Khalid Basalamah

Amal Ikhlas Amal Riya | Kajian Singkat Ustadz Khalid Basalamah

Amal Ikhlas Amal Riya | Kajian Singkat Ustadz Khalid Basalamah

   Bedakan teman-teman antara amal yang dasarnya harus kelihatan, dan amal yang dasarnya tidak kelihatan. Seperti misal, kita pergi shalat berjama'ah di masjid. Orang lihat, wajar. Orang pergi jihad, orang pergi haji, pasti kelihatan. Disini supaya tidak riya', intinya jangan berbangga bangga dengan itu. Kita membuka pintu riya' kalo kita menceritakannya.
Kamu tadi shalat dimana? Saya di masjid. 
   Nggak ada yang nanya, nggak ada yang apa gitu.
Kamu sudah berapa kali khatam qur'an? Saya sudah tiga kali. 
   Tapi kalau kita melakukan satu ibadah yang terang - terangan dan ada yang nanya, silahkan jelaskan.
Misal mau kemana pak? Oh, saya ke masjid. 
   Kita tinggal kontrol, gitu kan itu ibadah yang, kelihatan. Kalau ibadah yang dasarnya memang diperintahkan tidak kelihatan seperti shalat tahajud, memang kita disuruh sembunyi kan gitu. Atau dzikir pagi - sore kita nggak perlu ceritain kepada orang. Kalau amal yang tersembunyi asalnya jangan diceritakan sama sekali biarkan tidak ada yang tahu. antara kita dengan sang pencipta ALLAH Subhanahu wa Ta'ala.



Sumber Informasi dari Channel Youtube Ustadz Khalid Basalamah.

*Maksud yang di akhir kalimat itu kalau amal yang tersembunyi asalnya jangan diceritakan sama sekali, biarkan tidak ada yang tahu. Dan yang mengetahui amal yang tersembunyi asalnya cukup antara kita dengan sang pencipta ALLAH Subhanahu wa Ta'ala.

Random Posts