Muharram Penghapus Dosa | Ustadz Khalid Basalamah

Muharram Penghapus Dosa | Ustadz Khalid Basalamah

Apakah ada ibadah khusus di bulan muharram?  Tentu ada puasa 2 hari ya. Tasu'a dan asyura. 9 dan 10 muharram. Disunnahkan puasa. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah kedatangan sahabat di hari asyura 10 muharram lalu, sahabat itu mengatakan, "Ya Rasulullah hari ini yahudi puasa.."  Maka kata Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, "Coba tanyakan kenapa mereka puasa?"  Lalu sahabat ini pulang dengan membawa informasi mengatakan, "Ya Rasulullah mereka berkata, kalau hari ini, hari dimana Allah selamatkan musa dari kejadian Fir' aun," Maka kami berpuasa sebagai tanda syukur kepada Allah. " Maka kata Nabi shallalahu 'alaihi wa sallam, "Kami lebih berhak kepada Musa daripada mereka." Maka dalam hadits Bukhari Muslim dijelaskan, waktu ditanya tentang fadhilah puasa asyura 10 muharram, beliau mengatakan, "Bisa mengampuni dosa-dosa kecil setahun tahun yang lalu"Jadi dibersihkan dosa 1 tahun yang lalu. maka ini berarti fadhilah. kemudian puasa 9 nya disebutkan didalam hadits riwayat tirmidzi, dengan sanad hasan, bahwasannya beluai shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan,  kalau saya masih hidup tahun depan, saya akan ikutkan dengan puasa 9 nya agar tidak sama dengan yahudi"


Apakah ada ibadah khusus di bulan muharram? 

Tentu ada puasa 2 hari ya.

Tasu'a dan asyura. 9 dan 10 muharram.

Disunnahkan puasa.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah kedatangan sahabat di hari asyura 10 muharram lalu, sahabat itu mengatakan, "Ya Rasulullah hari ini yahudi puasa.." 

Maka kata Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, "Coba tanyakan kenapa mereka puasa?" 

Lalu sahabat ini pulang dengan membawa informasi mengatakan, "Ya Rasulullah mereka berkata, kalau hari ini, hari dimana Allah selamatkan musa dari kejaran Fir'aun," Maka kami berpuasa sebagai tanda syukur kepada Allah. "

Maka kata Nabi shallalahu 'alaihi wa sallam, "Kami lebih berhak kepada Musa daripada mereka." Maka beliau menyuruh puasa.

Maka dalam hadits Bukhari Muslim dijelaskan, waktu ditanya tentang fadhilah puasa asyura 10 muharram, beliau mengatakan, "Bisa mengampuni dosa-dosa kecil setahun tahun yang lalu" 

Jadi dibersihkan dosa 1 tahun yang lalu. maka ini berarti fadhilah. kemudian puasa 9 nya disebutkan didalam hadits riwayat tirmidzi, dengan sanad hasan, bahwasannya beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan,  "kalau saya masih hidup tahun depan, saya akan ikutkan dengan puasa 9 nya agar tidak sama dengan yahudi".

Random Posts