Kejujuran Ada Pada Orang Yang Beriman Kepada Allah Azza wa Jalla


Kejujuran Ada Pada Orang Yang Beriman Kepada Allah Azza wa Jalla
       Keimanan seseorang dapat dilihat dari kejujuran orang tersebut. Allah Azza wa Jalla memerintahkan kita  untuk berlaku benar, baik dalam perbuatan maupun ucapan.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصّٰدِقِيْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 119)

       Orang Munafik itu kekal di neraka jahannam. Bagaimana ciri-ciri orang munafik ? Dusta, Ingkar janji, dan khianat. Mari kita perhatikan sabda Nabi Muhammad ﷺ :
Kejujuran Ada Pada Orang Yang Beriman Kepada Allah Azza wa Jalla

Artinya: "Dari Abu hurairah radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad ﷺ bersabda "Tanda orang munafik itu ada 3, yaitu apabila berbicara dusta, apabila berjanji mengingkari, dan apabila dipercaya khianat." (HR. Bukhari Muslim).

Kejujujuran (kebenaran) yang memiliki manfaat bagi orang tersebut.
Allah Azza wa Jalla berfirman:

قَا لَ اللّٰهُ هٰذَا يَوْمُ يَـنْفَعُ الصّٰدِقِيْنَ صِدْقُهُمْ ۗ لَهُمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَ نْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۤ اَبَدًا ۗ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ الْـفَوْزُ الْعَظِيْمُ
"Allah berfirman, Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 119).

Kejujuran adalah akhlak yang mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada kepada kebajikan, sebagaimana di jelaskan oleh Nabi Muhammad ﷺ .
Kejujuran Ada Pada Orang Yang Beriman Kepada Allah Azza wa Jalla

Artinya: "Dari abdullah ibn mas'ud, dari Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu  membawa ke surga..." (HR. Bukhari)

       Orang yang berbohong akan terus berbohong karena untuk menutupi kebohongan yang diperbuat, dia harus berbuat kebohongan lagi. Dan bersyukurlah bagi orang yang pernah berbohong sekali kumudian sadar dan mengakui kebohongannya itu sehingga terputus mata rantai kebohongan.
       Berbuat jujurlah sesaudaraku yang seiman. Karena jujur dapat membuat hati kita menjadi tenang, tidak akan ada perasaan was was, dapat membuat hati menjadi damai, jujur dapat membawa kepada kebaikan lalu kebaikan dapat mengantarkan kita ke surga, dan lain lain.
 
 
 
 
Sumber informasi:
dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
dari perpustakaan SMAN 18 BANDUNG
2014-2015
Buku Paket Kelas 11 (XI)

Random Posts